Skip to main content

follow us

Download Panduan Ekskul Pramuka Wajib Sekolah Dasar Tahun 2018


Selain Pembelajaran yang wajib dilaksanakan selama jam belajar, ada aktivitas ekstrakurikuler wajib yang diimplementasikan di jenjang Pendidikan Dasar yakni pramuka. pelaksanaannya juga diatur sedemikian rupa semoga terjadi keselarasan antara pelaksanaan dan tujuan yang diharapkan. oleh hasilnya bagi kami dari duniapendidikandansekolah.com membagikan artikel yang berisi tentang Download Panduan Ekskul Pramuka Wajib Sekolah Dasar Tahun 2018. Hal ini semoga bisa difahami dan dilaksanakan oleh pemangku pendidikan di jenjang pendidikan dasar. link download panduannya kami sajikan bersamaan dengan artikel yang kami sajikan pada kesempatan ini.


Pada isi dari Panduan Ekskul Pramuka Wajib Sekolah Dasar Tahun 2018 ini yaitu sebagai berikut, pada BAB I yaitu pendahuluan, BAB II yaitu penerapan pembelajaran dengan metode kepramukaan, BAB III menyusun dan menerapkan metode blok, BAB IV menyusun dan menerapkan model aktualisasi dan BAB V yaitu Penilaian ekstrakurikuler pendidikan kepramukaan.

Acuan pelaksanaan pramuka sebagai ekstrakurikuler wajib adalah Permendikbud Nomor 63 Tahun 2014 DOWNLOAD DISINI tentang pendidikan kepramukaan, ternyata dalam implementasinya mengalami aneka macam kesalahan persepsi sehingga buku panduan ini dikeluarkan dan merincikan kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan pendidikan dasar semoga sesuai dengan apa yang diharapkan.

Kenapa pramuka menjadi aktivitas ekstrakurikuler wajib ternyata mempunyai tujuan tersendiri yakni tujuan dari penumbuhan kebijaksanaan pekerti antara lain yaitu menumbuhkembangkan lingkungan dan budaya berguru yang harmonis antara keluarga, sekolah, dan masyarakat.

Untuk mencapai tujuan tersebut diharapkan penanganan yang serius dalam keterlaksanaan penumbuhan kebijaksanaan pekerti di sekolah. Penumbuhan kebijaksanaan pekerti memerlukan pembina yang bertanggung jawab, konsisten, berkomitmen, dan tangguh sehingga diperoleh keberhasilan pelaksanaan di sekolah. Pembina tersebut harus mempunyai metode, media, dan cara berkomunikasi yang pas sesuai dengan referensi penumbuhan kebijaksanaan pekerti yang diinginkan.

Berdasarkan latar belakang itulah, pelaksanaan Ekstrakurikuler Wajib Pendidikan Kepramukaan senantiasa memerhatikan aspek yang dicanangkan ke dalam tujuh nilai dalam penumbuhan kebijaksanaan pekerti untuk mengkristalisasi lima nilai penguatan pendidikan aksara yaitu religius, integritas, nasionalis, mandiri, dan gotong royong. Oleh karenanya, perlu dibentuk sebuah panduan yang lebih bersifat mudah dan sistematis dalam upaya menerapkan pendidikan kepramukaan sebagai Ekstrakurikuler Wajib di Sekolah Dasar dengan nafas Penumbuhan Budi Pekerti untuk penguatan pendidikan karakter.

Pelaksanaan pramuka sendiri sebagai ekskul wajib sangat mendukung tujuan pendidikan nasional, sebab metode yang dilakukan dalam kegiatannya unik dan berbeda dibandingkan aktivitas yang lain. Output dari pramuka diharapkan bisa menanamkan perilaku rasa saling memiliki, saling tolong menolong, cinta tanah air, dan tentu saja menyayangi alam. Pramuka ini memakai tiga model yakni model blok, aktualisasi, dan reguler dengan hukum yang bisa anda download di panduan ekskul pramuka pendidikan dasar yang kami bagikan hari ini.

Baiklah untuk bisa mendapat file Panduan Ekskul Pramuka Wajib Sekolah Dasar Tahun 2018


Demikian lah artikel kami hari ini Panduan Ekskul Pramuka Wajib Sekolah Dasar Tahun 2018 dari kami duniapendidikandansekolah.com semoga apa yang kami bagikan bermanfaat buat kawan-kawan pembina pramuka di jenjang sekolah dasar. terima kasih

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar